Snippet

hand grinder kopi

hand grinder kopi jenis grinder ini adalah yang sering menjadi pegangan para barista dunia kalau lagi travelling atau sekedar bikin kopi di rumah. Hand Grinder tergolong grinder manual. Keberadaan alat ini sudah ada sejak zaman penjajahan dulu. Nenek gue pernah cerita kalau jaman dulu ketika menyajikan kopi untuk orang Belanda, mereka selalu bikin kopi yang fresh setelah digiling.



hand grinder kopi

hand grinder kopi
hand grinder kopi

 

 Tahapannya:
1. Masukkan biji kopi sesuai kebutuhan ke bagian atas Grinder. Sebaiknya kita menggilingnya per porsi, jadi jangan dicampur semua. Karena CAPEK kalo langsung banyak, hahahaha.

2. Atur knob pengatur tingkat kehalusannya yang biasanya ada di bawah. Sebaiknya mentokin dulu sampai yang paling halus, supaya kita bisa hitung berapa ‘Klik’ yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat kehalusan tertentu. Biasanya kalau grinder merk PORLEX yang gue gunain ini, untuk Tubruk tinggal set mentok ke tingkat yang paling halus. Untuk Pour Over bisa putar 5 ‘Klik’ dari level paling halus. Dan untuk French Press bisa putar 12  ’Klik’ dari tingkat paling halus. Jumlah ’Klik’ ini bisa kamu atur sendiri sesuai dengan selera.

3. Setelah itu teman-teman pasang tuasnya di bagian tutup Grinder nya, kemudian putar searah sampai biji kopi yang kita masukkan habis.

4. Setelah sudah mencapai tingkat kehalusan yang kita inginkan, tuangkan ke cangkir atau alat seduh yang akan kita gunakan.

Grinder ini sudah dimodifikasi, sehingga menjadi lebih mudah digunakan. Kalau manual Grinder yang jaman dulu, pengaturan kekasaran dan kehalusannya berasal dari jumlah putaran yang kita lakukan. Namun Hand Grinder masa kini sudah ada pengaturannya, sehingga hasilnya bisa sangat konsisten.

Pengaturnya berada di bagian bawah robbur Grinder nya, sehingga mudah untuk digunakan, hanya tinggal memutar ke arah ‘Halus’ atau ke arah ‘Kasar’. Setelah itu kita tinggal memasukkan kopi tersebut ke bagian paling atas, yang nanti biji kopi tersebut akan hancur saat kita putar karena akan melalui robbur yang ukuran terbukanya sesuai dengan kebutuhan tingkat kehalusan yang sudah kita atur tadi.
hand grinder kopi

Leave a Reply